RADIO GA GA (Part 1)

Radio-Frequency-Wallpaper-HD-28

Yep, itu judul lagu dari band Queen yang legendaris. Terus kenapa gue ambil judul itu buat postingan gue kali ini? karena ada satu lirik lagunya yang membuat gue inget akan masa-masa keradioan gue jaman SMP dulu yaitu sekitar tahun 2008an, -/+ 6 tahun yang lalu.

Begini katanya :

I’d sit alone and watch your light
My only friend through teenage nights
And everything I had to know
I heard it on my radio
Radio.

Lagu ini menceritakan semua yang gue rasain pada saat itu. Saat-saat gadget belum berkumandang di negeri ini.

All we hear is Radio ga ga

Then the ultimate words:

Radio, someone still loves you!

Yeah, I’m the one who still love you!!!

Jujur. udah 4 tahun belakangan ini gue udah katakanlah jarang pake banget dengerin radio, gak se-intends dulu pas jaman SMP, pas gue belom punya HP. Sekarang pas semua HP di dunia ini memerlukan koneksi internet untuk tetap dikatakan hidup gue pun jadi jarang dengerin radio, entah apa hubungannya. Yang jelas mungkin ada hubungannya. Dulu radio kayak semacam twitter buat gue, pusat segala informasi dan trend masa kini. Sekarang sejak twitter merajalela kayak kanker, gue ga perlu repot-repot dengerin radio buat tau berita terbaru maupun lagu-lagu hits masa kini, tinggal pantengin aja timeline, ya, timeline radio yang kita follow di twitter, wtf.

Dulu, kalo denger lagu baru langsung excited pengen tau apa judulnya, karena kalo gak ada yang bilang, penyiarnya disini, kita gak bakal tau itu lagu apa, alhasil kita dituntut untuk mendengarkan secara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, Jakarta, eeeeh kok jadi teks proklamasi gini. Kalo sekarang ada twitter, judul lagu yang bakal diputerpun kadang udah di post duluan di timeline si radio. Emang ada sisi positif dan negatifnya sih. Positifnya ya kita jadi lebih dekat dengan penyiar dan jadi gampang aja komunikasi, apalagi request lagu, udah kek kacang goreng, negatifnya, seni antri line telepon udah berkurang, malah sekarang biasanya si penyiar yang minta nomer kita terus kita yang di telepon, ckck.

Pas jaman dulu, gue bela-belain telepon radio buat ngomong sama penyiarnya yang bahkan gue belum tau mukanya dan kalo nyambung senengnya setengah mampus. Sampe-sampe ngasih tau warga sekampung kalo suara kita masuk radio. Kalo sekarang itu bukan hal yang begitu special yah, biasa aja.

Oh iya, dulu tuh gue kalo denger radio udah hapal sama program-program tuh radio, dan biasanya itu program pernyiarnya beda-beda dan punya karakteristik masing-masing jadi kita ga bosen dengerinnya. Sampe kadang gue hapal sama sesama pendengar sampe hapal dengan request-an lagunya (beberapa sih) saking dia-dia mulu yang request kali ya hehehe. Program kesukaan gue waktu itu ada muterin lagu-lagu, sesi curhat masalah cinta sampe yang serem-serem dan sempet yang nyeleneh kayak Sexophone (Sex Solution on The Microphone) yang menurut gue dan temen gue BAGUS BANGET walaupun gak mendidik sama sekali, wkwk, eh, mendidik sih, secara kadang ada kok dokter yang emang ahli di bidangnya ikut nimbrung siaran.

Cuman emang fantasy si penyiarnya disini, Bang Ian yang bikin ngocok kantong ketawa gue kelewat tinggi banget. Dengerin ini gue bisa kayak orang gila, ketawa-tawa sendiri, udah gitu senin malem lagi, bayangin. Udah bayangin?

Sayang itu pertama dan terakhir kalinya gue dengerin itu dengan sepenuh hati, karena programnya udah di close down sama MD Radio, karena katanya teguran KPI gitu. KPI gak tau aja kalo itu program isinya melenceng bener dari judulnya, cuma becandaan doang isinya, gak serius-serius amat. Kenapa KPI harus seserius itu ya ?

Haduuh gue pengen banget dengerin siaran itu lagi, walaupun cuman rekamannya aja gapapa deh, sedih rasanya.

Itu dia kadang gue berharap gadget udah ada pada saat itu, biar gue bisa rekam siarannya dan gue bisa dengerin lagi sekarang. Makanya gue butuh banget time travelling machine. Fyuuuh~ waktu emang ga bisa diulang.

Nah, stop sampai disini dulu, nanti lanjut gue mau posting tentang radio apa aja yang pernah gue sambangin dulu. Stay tune ye.

Leave a Reply

