Peminum teh pemula

Saya adalah peminum kopi, saya lebih memilih kopi ketimbang minuman lainnya seperti teh ataupun softdrink. Namun itu dulu, sebelum saya mengenal teh yang satu ini:

TWN-26774-1

Source: https://www.iherb.com/pr/twinings-classics-earl-grey-tea-25-tea-bags-1-76-oz-50-g/43389

Pertama kali saya meminumnya yaitu tepatnya tanggal 2 April 2017, setelah sebelumnya saya hanya tau teh jenis ini melalui film-film atau anime Kuroshitsuji. Karena harganya yang lumayan hem~ di Indonesia maka saya pikir-pikir tujuh keliling untuk membelinya hanya untuk merasakan perbedaan teh mahal ini dengan teh biasa yang biasanya saya minum yang asli dari Indonesia. Namun hari itu saya berkesempatan untuk menyicipnya di sebuah resto di daerah Cikini tempat saya dan teman saya hari itu bermaksud menukarkan kue yang ia dapat dari event April Mop yang diadakan toko kue tersebut.

Singkat cerita, karena kami bosan menunggu lama dan tertarik akan jejeran kue yang ada di toko itu, maka kami putuskan untuk makan disitu. Setelah memilih menu pencuci mulut lalu akhirnya kami memutuskan untuk memilih minuman yang sama yaitu Earl Grey Tea. Hehe, saya kala itu karena penasaran makanya saya pesan yang sama dengan teman saya itu. Teh kami pun datang dan tak disangka ternyata yang datang bukan hanya satu cangkir teh melainkan dengan tekonya yang berwarna senada dengan cangkir kami yaitu warna putih susu. Beginilah kira-kira penampakannya:

Cangkir dan tekonya lucu sekali membuat saya langsung jatuh cinta melihatnya, norak ya saya? emang! Laluu ketika saya tuangkan perlahan tehnya ke cangkir, wangi tehnya semerbak memenuhi indera penciuman saya. Wanginya sangat khas, menenangkan sekali. Baru kali ini saya mencium aroma harum seperti ini. Biasanya teh yang saya minum kebanyakan beraroma melati maupun beraoma daun seperti teh hijau yang menurut saya aromanya sudah biasa, namun teh yang ini aromanya luaaaar biasa. Saya pun mencobanya sedikit, hem~ rasa tehnya memang agak sedikit pahit, namun karena aromanya itu membuat tehnya terasa harum dilidah, bagaimana mendeskripsikannya yaaa~ pokoknya itu pengalaman pertama yang baru bagi saya meminum teh yang seperti itu.

Cangkir pertama pun kosong, saya akhirnya menuangkan cangkir kedua, kali ini saya ingin menambahkan gula merah seperti yang biasa saya tambahkan ketika pada kopi-kopi yang saya minum. Namun, ternyata gula merah bukanlah teman yang pas untuk teh. Saya pun menyesali menambahkan gula merah pada teh saya, dan ketika saya tau kemudian kalau dalam tradisi minum teh orang Inggris, “Meminum teh dengan menambahkan gula dianggap oleh banyak orang sebagai indikator sempurna dari orang kelas rendah: bahkan satu sendok pun; lebih dari satu sendok dianggap sebagai kelas rendah lagi; lebih dari dua sendok dianggap jelas sebagai kelas pekerja,” demikian ditulis oleh Kate Fox, begitu kata artikel yang saya baca.

Jelas memang budaya kita berbeda dengan orang Inggris, namun menurut saya ada baiknya juga kita mengurangi komposisi gula dalam teh, ya hitung-hitung menurunkan resiko terkena diabetes (kata iklan kan gitu hehe). Setelah beberapa kali menerapkan kebiasaan minum teh tanpa gula akhirnya saya dapat menikmatinya dan merasakan perbedaan besar antara minum teh dengan gula dan tanpa gula. Jika teh saya beri gula, rasa teh tidak akan terlalu dominan karena akan di dominasi oleh rasa manis gula, sedangkan jika saya minum teh tanpa gula, rasa tehnya akan lebih dominan dan kita bisa menikmati aroma teh tersebut bukan hanya dari rasanya di lidah saja melainkan juga di hidung karena aromanya pasti lebih terasa tanpa adanya aroma manis dari gula yang selama ini menghalangi indera penciuman teh para pecinta teh tanah air.

Sekali kali, ini sih pilihan. Life is choice begitu juga teh atau kopi juga adalah pilihan apalagi teh dengan atau tanpa gula. Semua kembali kepada selera masing-masing penikmatnya.

Salam Minum Teh,

Dari Peminum teh pemula

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s