The hidden file

Ini mungkin tutorial pertama yang gue buat semenjak launching blog gue ini tiga tahun lalu. Karena banyak pertanyaan yang sama yang ditanyain ke gue oleh temen-temen gue di kampus gue akhirnya menyerah dan gue harus do something which is nulis di blog gue ini. Ini adalah masalah yang sepele sih tapi bakal jadi masalah besar apalagi kalau kita lagi diburu-buru mau presentasi ataupun nyerahin file atau tugas ke dosen.

So, what’s the problem?

       The problem is your file suddenly lost or there is nothing left in your flashdisk. That’s very common in our class and sometimes it caused a headache. Gimana engga? lo lagi buru-buru eeeh tiba-tiba tugas yang udah semalam suntuk lo kerjain musnah, hilang gitu aja tanpa jejak di flashdisk lo. Gimana itu gak membuat lo sakit kepala?. Well, I suggest you to calm down a bit. Actually, the solution is out there all over the internet, all you need is just browsing a little bit then BANG! your file is back. But, for some people who maybe not too familiar with computer or software you will get confused. There are so many tutorials out there but which one’s better? that must be what you think.

     Gue akan berbagi sedikit cara atau hal yang biasa gue lakuin kalau-kalau hal ini terjadi sama gue dan gimana cara untuk mencegahnya ala-ala gue.

  1. Jangan panik, figure something out. Like, mungkin lo punya backup filenya? di Google drive or Dropbox maybe? itupun kalau memang sudah kepepet banget dan lo ingin cara gampang dapetin file itu lagi. Yep, kalau bisa file apapun yang lo punya lo harus punya minimal backupnya di internet. Entah itu di email atau tempat penyimpanan lain kayak yang gue sebutin diatas. Because you never know what will happend kaan? jadi prevention is the best way to protect something. Lagian semua itu free kok. Be smart people dong!
  2. Googling-googling-googling. Kalau punya koneksi internet kenapa gak googling dulu? cari dengan keyword misalnya memunculkan-file-hidden-di-flashdisk dan jebret!!! langsung keluar semua tutorial di internet tentang itu pilih salah satunya dan ikuti step by step caranya, paling enak kalau yang ada gambarnya jadi lebih jelas. Then, problem solved! Bisa juga liat cara di blog ini: https://www.pramudito.com/cara-mengembalikan-file-flashdisk-yang-disembunyikan-virus.html
  3. Kalau gak punya koneksi internet? sepertinya kita emang terpaksa harus mengingat cara ini, gue sih biasanya menyimpan cara ini di notepad dan gue copy ke Flashdisk atau Laptop gue dan gue beri nama shortcut. Ketika butuh gue bisa akses dan langsung gue ikutin caranya. Remember this command forever ya:

    attrib -s -h *.* /s /d

    Penjelasan tentang command tersebut adalah:

    • attrib = adalah perintah dalam bahasa dos untuk memberikan attribut pada suatu file atau folder.
    • -s  = tanda minus (-) maksudnya menghapus dan huruf S artinya file system, jadi maksud dari tanda -s adalah menghapus attribut protected operating system.
    • -h = hampir sama seperti fungsi diatas, tanda -h berfungsi untuk menghapus attribut hidden atau mengubah file yang pada mulanya tersembunyi menjadi terlihat kembali
    • *.* = Tanda bintang (*) atrinya semua, sehingga yang dimaksud dari perintah ini adalah semua file atau folder yang memiliki semua ekstensi
    • /s = Artinya memproses semua file pada folder yang sama dengan lokasi file.bat dan juga semua subfolder yang ada didalamnya
    • /d = memerintahkan untuk memproses folder juga, maksudnya jika kita tidak menuliskan perintah ini maka hanya akan memproses semua file tanpa memproses folder.

Command-command tersebut diatas merupakan command untuk aplikasi CMD atau Command Prompt atau istilahnya DOS command.

cmd.png

Iya, the black one. Sekarang tinggal masukin aja deh command-command tersebut…

ketikan I: di jendela CMD (I: adalah FD kamu, coba liat di windows explorer nanti akan kelihatan abjad dari FD kamu berapa) Jadi seperti ini

cmd2.png

then insert this magical command below:

attrib -s -h *.* /s /d

cmd3

Then, take a look at your FD and guess what? your folder or file is probably there but maybe inside the folder because some virus maybe move it in. Copy all the file you need somewhere safe first then format your FD. You may use your FD just like before and you will live happily ever after with your FD then !!!

Saran gue sih kita harus rajin-rajin update antivirus, jangan colok FD sembarang tempat apalagi kalau mau ngeprint atau rental komputer. Karena itu semua awal mula dari segalanya.

Sekian dari gue kali ya, semoga tidak bermanfaat 🙂

Leave a Reply

